Menginstal PHP Web Server

2 min read

PHP adalah bahasa scripting sisi server, yang berarti Anda perlu server web untuk menjalankan program PHP atau script PHP. Untungnya, proses instalasi sangatlah mudah dilakukan. Dengan XAMPP, kita dapat menginstal Apache server pada komputer kita sendiri, beserta PHP, MySQL dan banyak lagi.

Download installer sesuai versi sistem operasi Anda (Windows, Mac OS atau Linux) dan ikuti petunjuk penginstalan.

Installer XAMPP akan meminta di mana Anda ingin menaruh program instalasi. Biarkan saja default, yaitu di C:\xampp. Jika sekarang ingin melihat jalannya script PHP, kita perlu menyalin/simpan kodenya ke folder htdocs di folder C:\xampp\htdocs.

Sebelum menjalankan script PHP, kita perlu untuk memulai web server. Jika Anda menginstal Skype, maka harus diberhentikan dulu sebelum memulai web server. Hal ini karena, Skype memblokir proses start Apache web server. Setelah menjalankan web server, Anda dapat menjalankan kembali Skype.

Anda dapat pula menjalankan web server dengan memanggil program xampp_start.exe atau xampp-control.exe dan mengaktifkan Apache. Script PHP yang kita simpan dalam folder htdocs kemudian dapat diakses melalui alamat http: // localhost / atau http://127.0.0.1/.

Jika muncul pesan error, coba perika url halamannya apakah ada yang salah?, misalnya http://localhost/sitename.php. Jika Anda memiliki subfolder dalam folder htdocs, maka nama folder tersebut juga harus dimasukkan dalam URL.

Demikian proses instalasi selesai dilakukan

Kemudian, agar website dapat diakses secara online, kita harus memiliki server webhosting yang mendukung PHP. Untungnya, PHP termasuk dalam hampir setiap paket web hosting, sehingga kita bisa menetukan penyedia hosting sesuai pilihan.

»