Tahap Awal Belajar PHP

3 min read

Cara sederhana mengetahui server PHP sudah terinstal di komputer atau belum, Anda perlu membuat sebuah file PHP (phpinfo.php) dengan kode script sebagai berikut:

<?php?>
phpinfo();
?>

Anda dapat menuliskan kode php di atas di editor teks, misalnya, Notepad. Kemudian klik Simpan, dan pilih Save as type All Files (*.*) dan kasih nama phpinfo.php. Pastikan hasil simpanannya tidak dalam bentuk ekstensi teks (.txt), tetapi berekstensi .php. Kemudian salin atau simpan saja langsung ke folder htdocs instalasi xampp (misalnya, C:\xampp\htdocs).

Selain Notepad, Anda juga dapat menggunakan editor lain. Untuk pemula, saya sarankan memakai aplikasi gratis Notepad ++. Fiturnya sudah cukup lengkap dan powerfull.

Sekarang Anda bisa memanggil file php tadi di browser pada alamat (http: //localhost/phpinfo.php), akan terlihat versi PHP yang terinstal di server komputer Anda. Jika PHP telah terinstal dengan baik, akan tampak beberapa tabel menampilkan daftar spesifikasi server yang digunakan, termasuk versi PHP (di bagian paling atas halaman).

Jika PHP tidak terinstal, tidak akan tampil apa-apa pada layar browser, bahkan file php-nya juga bisa terdownload karena tidak server yang menjalankannya. Bagaimana cara menginstal PHP sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya: menginstal PHP.

Menyisipkan Kode PHP

Sebuah file PHP dapat berisi perintah HTML maupun kode PHP sekaligus. Cukup menulis perintah HTML seperti biasa dalam file .php, oleh server akan dijalan normal seperti halnya file html.

Jika Anda ingin menyisipkan kode php dalam sebuah file, pertama kali harus dikasih tanda atau tag <?php, kemudian tulis kode phpnya di sini. tutup kode menggunakan tanda ? >. Ini disebut dengan environment scripting atau lingkungan penulisan script php. Lihatlah contoh di bawah ini:


<!DOCTYPE html>
<html></html>
<head></head>
<meta charset="UTF-8">
<title>Skrip PHP yang pertama</title>

<body></body>
<h1>Selamat datang</h1>

<p>Ini adalah file PHP pertama latihan kita. Kamu dapat memulai sebuah lingkungan pemrograman PHP sebagai berikut: </p>
<?php
echo "Data ditampilkan dalam bentuk string melalui perintah echo";
?>

<p>Selanjutnya kamu dapat membuat konten dinamis di PHP. Contoh sederhana adalah untuk mencetak tanggal saat ini: </p>
<?php
echo "Sekarang tanggal ". date("d.m.Y H:i:s");
?>

Dalam script diatas, kita menggunakan kerangka HTML5 biasa. Di antara perintah HTML, ada kode php yang disisipkan. Bagian pertama berisi perintah untuk mengeluarkan teks. Sedangkan yang kedua menampilkan tanggal dan waktu saat ini.

Ketika kita memanggil file ini melalui server web (misalnya, http://localhost/yourfile.php), interpreter atau pengolah PHP akan langsung aktif dan mengevaluasi semua script PHP dalam environment scripting. Hasil dari kode PHP kemudian ditampilkan ke halaman browser. Pengunjung tidak memiliki akses ke kode PHP yang sebenarnya.

« »