Mencetak teks menggunakan perintah echo

3 min read

Anda dapat menampilkan teks atau string di PHP menggunakan perintah echo.

Buat sebuah file baru, untuk contoh pertama ini misalnya, hello.php dan salin kode berikut:

<?php
echo "Hello World";
?>

Jika ingin menjalankannya di server lokal, maka file php harus disimpan di dalam folder htdocs instalasi XAMPP. Informasi lebih lanjut bisa disimak kembali pada artikel Tahap Awal Belajar PHP.

Jika Anda membuka file melalui browser, output yang ditampilkan adalah: Hello World. Browser pengunjung menerima hanya hasil dari prosesnya saja, tidak kode PHP aslinya. Hal ini karena kode PHP dijalankan pada sisi server, dan hanya hasil pemrosesan interpreter yang dikirim ke pengguna.

Seperti dijelaskan sebelumnya, kita harus selalu mulai penulisan PHP script dengan menggunakan tag <?php.

Kemudian pada baris berikutnya berisi kode berikut:

echo "Hello World";

echo adalah perintah untuk menampilkan teks atau string tertentu di layar pengguna. Teks ini diapit antara dua tanda kutip. Titik koma (;) menandakanakhir dari perintah echo. Dengan menggunakan tag penutup ?>, kita akhiri penulisan kode script PHP.

Semua yang ada diantara tanda kutip dianggap sebagai string dan bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Kode-kode HTML juga bisa disisipkan di sini, misalnya.

<?php
echo "<b> Hello World</b> ";
?>

Perintah di atas akan menampilkan teks Hello World dalam huruf tebal.

Bagaimana jika kita ingin menampilkan Halo "dunia", kebanyakan koder pemula akan menulisnya sebagai berikut:

<?php
echo "Halo" dunia "";
?>

Script di atas hanya akan menyebabkan program error dengan keterangan:

Parse error: parse error, unexpected T_STRING, expecting ‘,’ or ‘;’ in C:\xampp\htdocs\hello.php on line 2

Pesan kesalahan ini sangat berguna karena kita dapat mengetahui mana letak kesalahan tersebut berada. Dari info yang ditampilkan, letak kesalahannya berada pada baris 2.

echo "Halo" dunia "";  

Yang perlu diingat adalah, perintah echo selalu menampilkan output mulai dari tanda kutip pertama sampai tanda kutip yang kedua. Namun, karena terdapat total 4 tanda kutip yang digunakan dalam baris perintah ini, program akan kebingungan bagaimana menerjemahkan kode tersebut. Oleh karena itu, muncullah error dan output yang ditampilkan tidak sesuai harapan.

Jadi di sini yang benar, kita harus meletakkan tanda kutip di "dunia" dengan disisipi tanda masking. Untuk ini, kita perlu menggunakan tanda garis miring terbalik (\).

Sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini:


<?php
echo "Halo \"dunia \"";
?>

Karakter masking ini harus mendahului setiap tanda kutip yang harus output sebagai teks.

Tapi bagaimana jika kita juga ingin menyertakan tanda garis miring terbalik sekarang? Itu juga mungkin, tapi lagi tanda masking diperlukan. Untuk ini, kami mampu menempatkan tanda garis miring terbalik di depan backslash (double backslash).

Ini terlihat seperti ini:


<?php
echo "C:\\xampp";
?>

Output akan: C:\xampp

Script php dan html juga bisa digabungkan langsung, seperti contoh berikut:


<h2>Welcome
<?php echo "to my website"?></h2>

Untuk sementara, pelajaran tentang echo dicukupkan sampai di sini.

Seberapa penting perintah echo dalam PHP?

Perintah echo untuk saat ini mungkin belum terlihat cukup berguna. Karena kita dapat mencetak teks dengan HTML biasa. Kerugian dari HTML adalah ia tidak bisa menampilkan teks secara dinamis. Jauh berbeda dengan php, yang merupakan program khusus untuk membuat konten dinamis

Teks-teks ini bisa dikontrol realtime secara dinamis, misalnya saja, dari penyimpanan database. Bisa juga teks-teks tersebut disimpan dengan bantuan variabel tertentu. Pengunjung kemudian bisa menentukan sendiri output teks yang diinginkan dengan mengubah-ubah nilai variabel.

« »