Komentar di PHP

2 min read

Segala bentuk teks atau kode php yang diapit oleh tag komentar tidak dijalankan oleh PHP interpreter tetapi akan langsung dilewati secara otomatis. Komentar berguna untuk memudahkan programmer memberikan keterangan khusus di setiap baris kode yang dikehendakinya. Sehingga memudahkan orang lain memahami apa sebenarnya yang sedang kita buat dalam kode tersebut.

Mendefinisikan komentar di PHP

Untuk memasukkan komentar dalam script PHP, Anda bisa menggunakan dua garis miring (//) atau simbol hash (#). Jika salah satu dari dua karakter ini muncul di kode program yang Anda buat, maka sisa dari garis ke kanan akan dilewati, dan PHP interpreter akan berpindah ke baris berikutnya (setelah ganti baris).

<?php
echo "Hello World! <br>"; // Ini adalah komentar
#Komentar lain – Menampilkan teks
echo "Seperti yang Anda lihat, komentar tidak nampak di hasil keluaran.";
?>

Semuanya setelah garis miring ganda atau hash akan diabaikan. Pada garis baru atau hasil tekan tombol Enter selanjutnya, kode dalam baris akan dijalankan kembali oleh Interpreter.

Komentar Multi-baris

Ada kalanya kita memerlukan baris komentar yang agak panjang sehingga memerlukan beberapa baris untuk mencukupi seluruh keterangan yang akan dibuat. Untuk ini, PHP telah menyediakan tag / * Isi komentar panjang * /:

<?php
/* Komentar baris pertama
Komentar baris kedua
Komentar baris terakhir */
echo "Hello world, seperti yang Anda lihat, hanya teks ini yang ditampilkan, komentar-komentar sebelumnya tidak ditampil.";
?>

Apa sih fungsi sebenarnya komentar di PHP itu?

Komentar berguna untuk memberikan keterangan terkait dari fungsionalitas dari script kode yang Anda buat di PHP. Komentar sifatnya hanya opsional saja, karena fungsinya hanya untuk membuat kode yang kita tulis lebih jelas dan lebih mudah dipahami dengan adanya keterangan-keterangan yang ada di sampingnya.

Begitupula, jika suatu ketika kita membuat kode script yang cukup panjang barisnya dan tiba-tiba berhenti sebelum diselesaikan. Tentu saja dengan adanya keterangan komentar tersebut akan memudahkan kita untuk mengingatnya kembali.

« »